Posted by: Agung Prabowo | August 7, 2008

INALILLAHI WA INA ILAIHI ROJI’UUN… SEBUAH RENUNGAN

Seperti halnya judul tulisan ini, saya sedang tidak ingin berbicara masalah Conspiracies and Secret Societies (kecuali sangat sedikit sekali) kali ini. Tapi saya ingin mengajak anda untuk merenungkan kembali segala sesuatu yang terjadi di negeri ini. Mungkin agak emosional suasananya, tak seperti tulisan-tulisan saya biasanya.
Kali ini saya kutipkan Keputusan seorang mantan Presiden “Kyai” yang dikenal sebagai “Ulama” yang banyak dikultuskan oleh para pengikutnya, termasuk beberapa selebritis yang merasa terbela “kemaksiatan” yang mereka perbuat dengan fatwa-fatwa Kyai ini, yang aslinya dimuat di blog seorang kawan

 
KEPUTUSAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 69 TAHUN 2000
PENCABUTAN KEPUTUSAN PRESIDEN NOMOR 264 TAHUN 1962 TENTANG LARANGAN ADANYA ORGANISASI LIGA DEMOKRASI, ROTARY CLUB, DIVINE LIFE SOCIETY, VRIJMETSELAREN-LOGE (LOGE AGUNG INDONESIA), MORAL REARMAMENT MOVEMENT, ANCIENT MYSTICAL ORGANIZATION OF ROSI CRUCIANS (AMORC), DAN ORGANISASI BAHA’IPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

Menimbang :
a. bahwa pembentukan organisasi sosial kemasyarakatan dan keagamaan pada hakekatnya merupakan hak asasi setiap warganegara Indonesia;
b. bahwa larangan terhadap organisasi-organisasi sebagaimana dimaksud dalam Keputusan Presiden Nomor 264 Tahun 1962, dipandang sudah tidak sesuai lagi dengan prinsip-prinsip demokrasi;
c. bahwa meskipun dalam kenyataannya Keputusan Presiden Nomor 264 Tahun 1962 sudah tidak efektif lagi, namun untuk lebih memberikan kepastian hukum perlu secara tegas mencabut Keputusan Presiden tersebut;
d. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud huruf a, b, dan huruf c di atas, maka dipandang perlu untuk mencabut Keputusan Presiden Nomor 264 Tahun 1962;Mengingat :
a. Pasal 4 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945;
b. Undang-undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 165, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3886);

MEMUTUSKAN :

 

Menetapkan :
PENCABUTAN KEPUTUSAN PRESIDEN NOMOR 264 TAHUN 1962 TENTANG LARANGAN ADANYA ORGANISASI LIGA DEMOKRASI, ROTARY CLUB, DIVINE LIFE SOCIETY, VRIJMETSELAREN-LOGE (LOGE AGUNG INDONESIA), MORAL REARMAMENT MOVEMENT, ANCIENT MYSTICAL ORGANIZATION OF ROSI CRUCIANS (AMORC), DAN ORGANISASI BAHA’I.

Pasal 1
Mencabut Keputusan Presiden Nomor 264 Tahun 1962 tentang Larangan Adanya Organisasi Liga Demokrasi, Rotary Club, Divine Life Society, Vrijmetselaren-Loge (Loge Agung Indonesia), Moral Rearmament Movement, Ancient Mystical Organization Of Rosi Crucians (AMORC) dan Organisasi Baha’i.

Pasal 2
Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

 

 

 

Ditetapkan di Jakarta
pada tanggal 23 Mei 2000

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

ttd

ABDURRAHMAN WAHID

 

 


Anda bisa baca dan renungkan sendiri, mau jadi apa bangsa ini seandainya sang Kyai yang konon di dadanya bersemayam malaikat itu terpilih lagi menjadi “pemimpin” pada pemilu 2009 nanti. Apa lagi yang mau dilegalkan? Komunis, Sinagog, Pornografi, Perang Suku, Illuminati, Perdukunan, Pelacuran, Homoseksual, Lesbian? Lalu apa yang mau dilarang? Al-Qur’an – karena dikatakan sebagai Kitab Paling Porno sedunia, Astagfirullohaladzim, na’udzubillahi min dzalik –, atau mau melarang Syariat Islam karena dibilang Arabisasi? Sungguh, saya tidak dibayar siapapun untuk menulis ini, baik dengan alasan counter-campaign menjelang Pemilu nanti atau apapun. Saya cuma ingin mengingatkan anda semua, orang-orang yang diberi anugerah Alloh sehingga bisa masih mampu membaca, agar jangan sampai salah pilih lagi dalam menyukseskan Pemilu 2009 nanti. Negeri ini sudah terlalu banyak masalah yang parah, jangan sampai mengambil pilihan yang salah jika tak ingin bertambah musibah.

Saya menangis dalam kemarahan membaca KEPUTUSAN PRESIDEN ini, Keppres yang sangat menginjak-injak harga diri setiap Muslim dimanapun. Bagaimana tidak, hanya dengan alasan demokrasi, system sesat bikinan orang Yunani, dia – saya malas dan risih memakai kata beliau, maaf bagi para pemujanya yang tersinggung – berani melegalkan gerakan yang bahkan oleh Gereja saja di-ilegal-kan melalui berbagai Papal Condemnation (salah satunya Humanus Genus yang dikeluarkan oleh Pope Leo XIII tahun 1884), yaitu Freemasonry. Apakah dia seorang hamba Freemason? Illuminati? Sufi? Saya tak habis pikir dengan manusia yang satu ini. Terlalu banyak keanehan dan ketidakwarasan yang melingkupi baik manusianya maupun kebijakan yang diambilnya. “Alloh tidak akan menghilangkan Islam dengan mencabutnya, namun dengan mematikan ulama-ulama sholeh sehingga tertinggallah orang-orang bodoh yang jika ditanya mengenai masalah agama mereka berfatwa tanpa ilmu yang memadahi.”

Bung Karno, seorang sekuler yang tak pernah disebut kyai, bahkan ada kemungkinan dia keturunan Yahudi Dunamah yang orang tuanya merupakan anggota Theosophy saja berani melarang gerakan-gerakan tersebut, meski alasannya bukan untuk menghindari bahayanya, melainkan karena kepentingan nasionalisme, hanya karena gerakan-gerakan tersebut tidak berasal dari Indonesia. Disatu sisi, ini sangat lumayan, dibandingkan dengan melegalkan gerakan-gerakan yang jelas membahayakan itu. “Berlian tetaplah berlian meskipun dia keluar dari mulut anjing…”

Demokrasi dan HAM, telah membuat bangsa ini berantakan. Demokrasi dan HAM ternyata tidak mampu menjadikan saudara-saudara kita di kolong jembatan, di pinggir jalan, di rumah-rumah kardus, bahkan yang tak mempunyai tempat tinggal, mendapatkan belas kasihan dan kehidupan yang lebih baik yang jauh lebih berhak dibanding mereka-mereka yang mampu membeli mobil diatas 1 Milyar atau HP senilai belasan juta. Alih-alih jadi lebih baik, jika keadaan mereka tidak tambah jatuh saja sudah mendingan. Kemana saja HAM pergi selama ini? Ke Gedung DPR/MPR? Ke Istana Presiden? Ke rumah-rumah dinas para menteri PEREKONOMIAN, SOSIAL itu? Ke tempat-tempat mangkal para selebritis yang suka berfatwa seenaknya setelah semalaman bersenang-senang ditempat nongkrong, hanya dengan memakai pakaian “seadanya” itu? Ke rumah-rumah bordil yang beberapa orang “penting” (penting bagi Iblis cs kali) menjadi pelanggannya? Ke tempat-tempat angker pemujaan berhala-berhala kesyirikan yang dianggap pemberi berkah?

Maafkan saya karena ngelantur lagi. Jujur saja, saat ini hati saya sedang dilanda kemarahan, kesedihan, dan sejuta perasaan lain yang jauh dari bahagia. Inalillahi wa ina ilaihi roji’uun, astagfirullohaladzhiim, sampai kapan kami akan Engkau adzab ya Alloh. Sampai kapan orang-orang miskin, yatim, piatu, yang selalu mengingatmu dengan penuh kesabaran itu menjadi lebih baik nasibnya ya Alloh? Sampai kapan umat Islam di negeri ini harus menunggu untuk mendapati masa penuh ketenangan dalam menjalankan syariat-Mu ya Alloh? Ataukah kami yang selama ini terlalu pengecut untuk berusaha menegakkan Agama yang Engkau ridhoi ini? Ataukah kami yang terlalu bodoh sehingga mau saja tenggelam dalam dunia gossip, dunia semu para selebritis yang tak punya jati diri, dunia glamour juru kampanye syair-syair cabul dengan goyang erotis itu?

Tak banyak yang bisa kita perbuat sekarang ini. Kita masih terjajah, meskipun sejak 17 Agustus 1945 kemerdekaan sudah diproklamirkan. Apakah ini hukuman karena kita berani mendirikan negara yang diperjuangkan oleh sebagian besar kaum Muslimin ini tanpa mengucapkan Bismillahirrohmaanirrohiim? Apakah ini sebuah peringatan karena selama ini kita masih lupa pada perintah-Nya yang turun pertama kali, yaitu Iqro’, Iqro’, dan Iqro’? Ya Alloh, kirimkan seorang seperti Umar bin Khattab untuk membangun bangsa yang porak poranda secara materi (dikarenakan banyaknya bencana alam) maupun secara rohani (dikarenakan banyaknya ulama palsu)…

Maaf, air mata saya membuat saya tak mampu lagi meneruskan tulisan ini lebih jauh. Saya cukupkan sampai disini saja tulisan ini. InsyaAlloh kita akan berjumpa lagi dalam tulisan-tulisan berikutnya. Semoga dapat mengambil ibroh dari tulisan ini. Semoga dalam Pemilu nanti kita dapat memilih pemimpin yang benar-benar bijak, tidak seperti “mantan” pemimpin yang seenaknya saja membuat Keppres yang berbahaya.

 

 


Responses

  1. ABDURRAHMAN WAHID………? duh dur apa dengan menarik KEPUTUSAN PRESIDEN NOMOR 264 TAHUN 1962 kamu merasa bahagia? atau seperti iklan rorok ENJOY AJA…

  2. JELAS …. GUSDUR ITU SALAH SATU DARI SEKIAN DAJJAL

  3. untuk Saru:

    Mungkin aja dia bahagia mas, soalnya ngga harus ditekan bos-bosnya yang dilarang sama keppres-nya bung karno tersebut. btw, anda tuh saru bahasa jawa (jorok) ato bahasa jepang (munyuk)? Hehe just kidding

    untuk linglung:

    Jelas ya, hehe. alhamdulillah semakin terbuka kedoknya. mana pake alasan demo-crazy lagi. ada-ada aja. sekalian aja prostitusi dan narkoba dilegalkan biar hancur sekalian ya mas.

  4. assalamualaikum,
    jujur udah 2 hari ni sy ubek2 nih blog n ternyata this is my dream..makasi buat e-book na..yg lage dlm proses download buat database our life…
    semoga pejuang2 yg berani akan trcipta wadahnya demi menyelamatkan agama n bangsa indonesia ini…amin

    masalah konspirasi udah jadi detak jantung n pikiran ku tiap hari…baik dalam renungan n my real eyes dalam melihat kehidupan…disamping KETIDAKPERCAYAAN TERHADAP ELITE POLITIK N BIROKRAT YG UDH HEDONISME NA OVER UP..
    plus di tambah gejolak hidup ni yg makin berat buat kalangan bawah seperti sy…

    adapun kekhawatiranku yg paling utama n mendasar adalah buat my next generation..anak2ku tercinta…
    n buat anak2 indonesia yg lain , akankah mereka menjadi pejuang yg lebih hebat atau terbawa arus zionist yg sudah mengalir dalam segala lini kehidupan manusia..

    sebagai tindak lanjut…bertolak dr sebuah ayat al-qur’an yg berarti :
    “..Allah tidak akan pernah merubah nasib suatu kaum sebelum kaum itu berusaha untuk merubah nasibnya…”
    pertanyaannya…WHATS THE NEXT???
    apa kita cuma beropini…membahas,??
    mengetahui???dan selanjutnya pasrah???
    atau…………………………

    FIGHT THE SYSTEM WITH THE SYSTEM…
    NOT RADICALISM …..

    >>>SECRET WITH SOCIETY AGAINST BY SOCIETY WITHOUT SECRET OR WITH SECRET>>>

    KEEP OPEN OUR MIND N OUR EYES>>>>

    selamatkan bangsa ini………..please……….

    can we keep contact??
    -levyathan69@gmail.com

  5. To nx:

    Wa ‘alaykum salamu wr. wb.

    Waah, saya terharu begitu mengetahui anda sampai luangkan waktu 2 hari untuk ngubek-ubek blog ini. Terimakasih banyak, my new brother T_T. Alhamdulillah bahwa blog ini mampu memberikan manfaat pada individu-individu seperti anda. “semoga pejuang2 yg berani akan trcipta wadahnya demi menyelamatkan agama n bangsa indonesia ini…” Amin, amin ya robbal ‘alamiin.

    Saya juga kalangan bawah kok mas, proletar seperti anda dan mayoritas negeri Zamrud Khatulistiwa yang katanya gemah ripah loh jinawi tata titi tentrem kerta raharja ini. “adapun kekhawatiranku yg paling utama n mendasar adalah buat my next generation..anak2ku tercinta…n buat anak2 indonesia yg lain, akankah mereka menjadi pejuang yg lebih hebat atau terbawa arus zionist yg sudah mengalir dalam segala lini kehidupan manusia..” Sama mas, saya juga khawatir. Apalagi ketika membaca beberapa pemilik blog yang sekedar copy paste artikel semacam ini tanpa basic knowledge memadahi hanya diem saja ketika didebat komentator-komentator korban konspirasi yang semangat banget.

    “apa kita cuma beropini… membahas,?? mengetahui???dan selanjutnya pasrah??? atau…………………………” Mas, dengan kita membuat pintar bangsa ini aja udah cukup bagus. Beberapa email senada juga saya terima, ada juga yang agak sengak, AGUNG NIH BISANYA CUMA BERWACANA, TERUS APA TINDAK LANJUTNYA SETELAH MEMBAHAS KONSPIRASI??? Jujur, untuk beberapa saat kedepan kita semua hanya bisa berusaha memahamkan orang masalah ini.

    Gerakan fisik seperti revolusi hanya akan menambah korban yang tak perlu. Tahu masalah ini aja udah cukup bagus, jadi tolong kita kerjasama menyebarkan info ini pada siapapun yang belum mengetahui, itulah kontribusi kita.
    “selamatkan bangsa ini………..please………. can we keep contact?? levyathan69@gmail.com” InsyaAlloh bisa. Silakan anda hubungi saya di agungp84@gmail.com.

  6. wlaah,.. baru tau

    tu UU-nya sudah dicabut lagi to?

    wah, kalo begini memang

    NGGILANII,.. pemerintahan yang sperti itu,..

    ih,..ih,..ih,..

  7. to kembarannya tulip:

    betul, pemerintah seperti itu memang NGGILANI, NJIJIKI, NYEBAHI, NYEPETI, MEGAHI, NJELEHI, dst dst… Payah kuadrat pokoknya…

  8. Sekali lagi Saya ingatkan pada Mas2&Mba2 yg aktif pada blog ini..
    Janganlah menjadi terlalu fanatik hingga terlalu sombong terhadap keilmuan,keyakinan yang sejatinya ada di bumi Nusantara kita ini. Dan meng-elu2kn Islam yang justru agama impor dengan sombongnya bahwa anda sekalian adalah Rasulnya.
    Agama ada dihati,ada difikiran..
    Marilah kita mulai dengan mengkaji Al-Fatihah.
    Terlalu dalam surat itu.Bahkan hanya segelintir orang yang paham&bisa merasakan rahasia terpendamnya.
    Bukan dgn sok suci&sok pintar.

  9. gw liat blog ni ternyata keren juga jg ya. ga sia-sia gua jauh-jauh dari india main ke indonesia utk nyesatin orang-orang bali ternyata ada juga blog anak muda gila kaya lu. tapi belum sempet kagum lama-lama ada temen gue si wisnu. langsung dah gua jadi bad mood. pake ngomongin agama asli indonesia yang ngga jelas lagi. duh wisnu, malu dunk ama brahma dan gw…

    udah jelas kita kan dari india say… gw bilangin hyang widi nyaho’ lo…eh, al fatihah, apaaaaan tu. lo belajar islam juga. wah wah, ngga konsisten amit sih lo, malu-maluin geng trimurti aja. masih mending liat islam masuknya kesini pake dagang, nah kristen sama protestan, dua-duanya dibawa penjajah. duh… jangan bego gitu donnk jadi dea. malu-maluin BOMBay eh MUMBay aja lo.

    saran gw gini, muslim kan mayoritas. lu kudu ati-ati. ingat, tuhan mereka cuma satu, sedang kita kan 3 kaya kristen, nah diantara kita berdua aja sering selisih pendapat, apa ngga gawat tuh. lu kalo mo nentang islam ati-ati, mereka yang beragama dengan yakin, meski ngga masuk akal kaya kristen aja pasti fanatik, apalagi yang ada jaminan dari tuhannya kaya islam, so pasti lebih fanatik lagi.

    tapi tenang aja bro wisnu, indonesia masih agak toleran karena pake demokrasi, jadi kebebasan kita cuap-cuap terjamin asal dilakuin secara konsisten. kalo ngga, siap-siap aja lu jadi penghuni alcatraz van java alias nusa kambangan.

    ngmong-omog, yang asli indonesia apa yak, gw blom tau ni. animisme dinamisme kan, pasti bukan hindu ato budha karena kalo lo masih wisnu yang gw kenal, lo pasti ngga malu ngaku dari india.

    buat yang punya blog, trimurti dan trinitas bisa menang kalo bersatu melawan tauhid lo. tapi kalo ribut sendiri-sendiri kaya kami (blom tri baru dwimurti) ya siapin aja sampanye buat pesta kemennangan islam, hehehe. om shanti shanti swastika asu

  10. Proses berTuhan (ga pas kl bilang beragama)
    Dimulai dari Syariat,dijalankan menjadi tarekhat,dengan kontinuitas maka akan mendapatkan Hakikat..Akhirnya ketika disertai sebuah keyakinan yang tinggi maka akan mendapatkan Makrifat(Menyentuh Kekuasaan Tuhan,Gaib,Energinya).
    Selama perdebatan hanya berkutat pada syariat lebih2 disertai fanatisme yang berlebihan.
    Maka inilah kemunduran.
    Dalam Hindu dikenal istilah moksa.
    Islam kejawen mengenal Naftul gaib..
    ini bukanlah sekedar isapan jempol belaka.
    jadi manakala Mas2,mbak2 yg baik ini masih hidup di alam perdebatan penuh sinisme,sok pintar dan sok suci seperti ini..percayalah kita hanya orang2 yang merugi.
    Agama,keyakinan,kepercayaan asli Nusantara jauh lebih mulia ketimbang ajaran2 impor yang mungkin sekali rekaan, kenabian, kerasulannya sudah melewati proses politik yang besar.
    Sekedar memberi renungan.
    Proses2 hipnotisme,tenaga dalam,dan ribuan keilmuan asli dari bumi nusantara tercinta ini dikaburkan dengan pernyataan syirik.
    BAHKAN ANDA2 SEKALIAN PERCAYA ADANYA JIN YANG DICIPTAKAN DARI API..TANPA SEKALIPUN PERNAH MEMBUKTIKAN DENGAN MELIHATNYA.
    jadi ngelantur..
    poinnya sekeras apapun teriakannya anda tetap saja kerdil.Metode historis-materialisme saja yang anda gunakan,sehingga hanya akan terjadi perdebatan ditingkatan syariat..yang bahkan akhirnya mengaburkan kewajiban2 kita melangkah untuk selanjutnya samapai pada tahapan TAREKHAT,HAKIKAT,MAKHRIFAT..
    Dewi Rengganis,Brawijaya V,Prabu Siliwangi,Bung Karno,GadjahMada,Kiyai Maksum Dan beberapa orang lagi yang telah sampai pada kesempurnaannya menjadi gaib yang abadi terlepas dari proses reinkarnasi,seharusnya kita mencontoh mereka.
    Catatan Bung Karno saya katakan Moksa karena memang itulah yang terjadi. Beliau (gaibnya ada di Banten) tidak pernah mati. Hanya gedebok pisang yang ditanam di Blitar demi menjaga wibawa politik pak Harto.. Bung menghilang dari Wisma yaso, kemudian ke jepang, akhirnya pulang dan menepi di Banten. Mau membuktikan?

    Salam SM Bayu Suci

  11. MERAGUKAN HAL YANG PASTI DARI QUR’AN BUKAN BERARTI PATUH PADA INDOKTRINASI,.

    kalau anda mau cari tuhan sendiri, silakan saja!
    Anda tidak setuju dengan Islam ya monggo!
    saya kira tidak perlu mengajak orang lain untuk sulit-sulit berbuat dosa.

    saya lebih tertarik pada yang menjamin
    lahir,
    rizki,
    jodoh,
    mati,
    yang mengatur kehidupan saya sedemikian detailnya,..

    terlalu sombong kalau ada manusia yang mengaku manusia tapi tidak merasa pernah
    ‘diciptakan’,..

  12. wisnu… wisnu…. teosofi pethukz
    wacanan mu ki urong teko koyo seng di woco lan ditandatangani ane gersang lan blavatsky.
    awu leluhurku luweh tuo ketimbang awakmu.
    dadi ora usah pamer jin seng tukang ngapusi.
    koe sak iki kekancan karo jin, sok gantian awakmu dadi alas jin neng neroko kekal.

  13. Wah gila benerrrrr……

    Gw baru baca nih yang gini.
    Makin benci aja gw ama gusdur…

  14. Si Dur bagaikan menikam dari belakang kaum Muslimin. Waktu di pesantren memangnya belajar apa saja dia?
    Kalau orang yang jelas-jelas berkiblat pada para penyembah setan ya jelas kita bisa terima. Contohnya tuh anak2 abg (…tidak semuanya seeh…) yang selalu bangga akan simbol2 pagan kayak 666, metal atawa pengagum satanist rocker, … ya wajarlah kalau begitu. Tapi ini kan Sidur ‘pemimpin’ umat?
    Kayaknya mendingan para anak abg itu kali yah, karena mereka kan kebagnyakan hanya untuk ‘bergaya’.
    Wallahu’alam.

  15. Mbah Dukun Wisnu…. (maaf saya panggil Mbah Dukun habis komentarnya kayak dukun yang sering di iklanin di TV). Orang-orang yang ngak jelas, dan tidak konsisten perkataan dan perbuatan kok anda anggap sudah mencapai tingkat sempurna… ada-ada saja. Jangan-jangan Lia Edan juga dianggap sudah mencapai tingkat sempurna… (kalau saya mengganggap sudah sempurna gilanya karena mempertuhankan hawa nafsunya).

  16. “BAHKAN ANDA2 SEKALIAN PERCAYA ADANYA JIN YANG DICIPTAKAN DARI API..TANPA SEKALIPUN PERNAH MEMBUKTIKAN DENGAN MELIHATNYA.”

    logika sampean tuh KAYA ANAK KECIL, justru karena kita gak bisa ngeliat jin makanya kita disuruh percaya & yakin kalo jin itu ada, kalo semua org bisa liat jin lantas org2 gak bakal percaya & yakin lagi sama jin (lah wong udah liat dgn mata kepala sendiri ngapain dipercaya lagi, nanti pada ngomong “ooo jin mukenye ky gitu, udah ah, basi”).
    MANA ADA JUGA SIH ORANG NGOMONG “GUE YAKIN MANUSIA ITU ADA”, YG ADA TUH ORG LANGSUNG DITOYOR KEPALANYE, LAH WONG TIAP HARI DIA LIAT MANUSIA…

    sampean keseringan nonton Jin dan Jun sih, jadi sampean pake logika jin&jun juga deh…

  17. wahai kalian yang baca >>>!!!!!!!!!!!!!
    gusdur itu manusia bertingkat makrifat…..

    peristiwa ini sama dengan riwayaat hidupnya auliya illah abu nawas, saya yaqin andaikan kalian di hidupkan allah pd zaman abu nawas, pasti kawan kawan akan meng hina abu nawas, orang gila, super aneh dan sebagainya.
    namun realita abu nawas adalah hamba yang di kasihi allah dan dicintai dan di dudukkan di sisi Allah SUbhanaAllah Wa Ta ala.

    kalau ingin tahu gusdur,,
    belajarlah agama yang mendalam.
    dan kalau berkata gunakanlah hati, karna hati adalah letak kesucian hidup dan ala kil itu letak ruh.
    terimakasih
    waAllahu ‘alam bissowab

    ttd,
    rasyd Al_Khasany
    (Ketua Umum HMI Komisariat FPMIPA IKIP PGRI Semarang)

    • ada y orng bodoh kyk loe dan gusdur …
      udh jls2 slh msh bralasan..

    • Bang Rasyd, ane pernah jalan sama gusdur .. ke pesantren Buntet di cirebon ngobrol sama kyai langitan dan kyai sepuh trus nemenin doi menemui tuan Guru di Bagu, Lombok, sesekali ngobrol di dirumahnya yang di dekat taman amir hamzah menteng kadang yang di daerah ciganjur .. tidak sekalipun ane kedapatan doi sholat tuh …? ha ha karena ane juga nggak rajin2 amat sholatnya … walhasil.. bablas aja waktu sholat kalo lagi ngobrol sama doi … ternyata pemahaman sholat gusdur itu klik http://www.dakta.com/berita/nasional/1253/buku-ilusi-negara-libforall-sudutkan-islam.html/ …. eh ente jangan bawa-bawa HMI dunk bang .. atas nama pribadi aja kayak ane gini …

  18. @atas gw

    kurangi dosis baca dongeng…

  19. gan dimana saya bisa download kepres no 264 tahun 1962 sepertinya hilang ditelan bumi?

  20. WALLAHU A’LAM …


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: